Cara Program Bayi Kembar dan Tips Siapkan Dananya

Posted on

Program Bayi Kembar

Tips dan Trik

Difficulty

Prep time

Cooking time

Total time

Servings

Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya mendambakan buah hati. Tak jarang, saking inginnya para pasangan ini mengikuti program kehamilan di rumah sakit atau klinik. Untuk mendapatkan buah hati terkadang beberapa pasangan menempuh jalan yang tak mudah. 

Apalagi bagi mereka yang ingin memiliki bayi kembar yang programnya saja sudah bisa menguras tabungan. Artinya ada banyak biaya yang harus dikeluarkan oleh para pasangan tersebut agar bisa mendapatkan momongan kembar. Lalu seperti apakah biaya yang muncul ketika ikut program bayi kembar ini?

Biaya yang Muncul Saat Mengikuti Program Bayi Kembar Alami

Biaya Untuk Program Bayi Kembar

Kehamilan kembar adalah momen yang penuh kebahagiaan bagi banyak pasangan. Namun, selain kebahagiaan, kehamilan kembar juga membawa tantangan khusus, terutama dari segi finansial. 

Biaya program bayi kembar bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan kehamilan tunggal, karena butuh perhatian dan sumber daya yang lebih besar. 

Nah, ada baiknya sebelum melakukan program bayi kembar, kamu harus tahu beberapa aspek biaya yang akan dikeluarkan nantinya. Tak lain adalah tujuannya untuk menguatkan niat program bayi kembar, juga persiapan dana yang matang. 

  • Biaya Medis

Kehamilan kembar biasanya memerlukan perawatan medis yang lebih intensif. Pemeriksaan dokter, tes kehamilan dan pemantauan lebih sering diperlukan untuk memastikan kesehatan bayi-bayi tersebut. 

Selain itu, risiko komplikasi juga cenderung lebih tinggi pada kehamilan kembar, yang bisa memerlukan intervensi medis lebih lanjut. Semua ini dapat meningkatkan biaya perawatan medis yang tentunya tak sedikit dan bisa menguras isi tabunganmu. 

  • Persiapan Persalinan 

Persiapan untuk persalinan kembar juga bisa menjadi beban finansial meskipun kamu memiliki jenis-jenis tabungan yang sudah kamu siapkan sebelumnya. Belum lagi jika pasangan memutuskan untuk melahirkan di rumah sakit. Biaya kelahiran bisa lebih tinggi karena harus mempersiapkan dua ruang persalinan dan tim medis yang lebih besar. Bahkan jika pasangan memilih persalinan di rumah, perlu dipertimbangkan biaya dukungan medis yang mungkin tetap diperlukan. 

  • Perlengkapan Bayi 

Memiliki bayi kembar berarti membutuhkan dua kali lipat perlengkapan bayi seperti popok, pakaian, tempat tidur, kereta dorong, kursi makan dan lainnya. Ini dapat membebani tabungan dan anggaran keluarga. Terutama jika kamu memilih barang-barang berkualitas tinggi atau merek tertentu untuk perlengkapan bayimu. 

  • Pengeluaran Rutin 

Setelah bayi lahir, pengeluaran rutin seperti makanan bayi, perawatan kesehatan, pakaian baru saat tumbuh besar dan pendidikan juga perlu dipertimbangkan. Kehadiran bayi kembar akan memberikan dampak signifikan pada pengeluaran bulanan keluarga. 

Oleh karena itu, ketika kamu memutuskan untuk mengikuti program bayi kembar walaupun secara alami, kamu tetap harus menyiapkan dana lebih. Dana ini bisa kamu dapatkan dari jenis-jenis tabungan yang sudah kamu miliki sebelumnya dan memang disiapkan untuk menghadapi kelahiran kembar. 

Biaya Program Bayi Kembar melalui Bayi Tabung

Dana Untuk Twins Baby

Program kehamilan kembar juga bisa melalui program bayi tabung. Program ini akan memakan waktu dan juga biaya yang tak sedikit. Jika kamu ingin mencoba program ini maka setidaknya kamu harus memiliki tabungan yang cukup. Nah, berikut simulasi biaya yang bakal kamu keluarkan untuk program kehamilan kembar melalui bayi tabung.

  • Biaya Proses IVF 

Proses IVF adalah langkah pertama dalam program bayi kembar melalui bayi tabung. Biaya ini meliputi berbagai tahap seperti stimulasi ovarium, pengambilan sel telur, pembuahan di laboratorium dan transfer embrio ke rahim. 

  • Biaya Pemantauan Medis 

Selama proses IVF, pasangan akan menjalani serangkaian pemeriksaan medis untuk memantau perkembangan sel telur dan rahim. Setiap pemeriksaan medis ini akan memiliki biaya tersendiri. Untuk mengatasi biaya yang muncul kamu bisa memanfaatkan jenis-jenis tabungan yang sudah kamu siapkan untuk menjalani program bayi tabung tersebut.  

  • Biaya Tes Genetik dan Seleksi Embrio 

Dalam beberapa kasus, kamu dapat memilih untuk melakukan tes genetik pada embrio untuk mengidentifikasi risiko kelainan genetik. Pilihan ini dapat meningkatkan biaya program IVF. 

  • Biaya Pembekuan Embrio 

Jika lebih dari satu embrio berhasil, pasangan dapat memilih untuk membekukan embrio yang tidak digunakan untuk transfer saat ini. Namun, ini juga melibatkan biaya tambahan untuk pembekuan dan penyimpanan embrio. 

  • Biaya Transfer Embrio Ganda 

Jika pasangan memutuskan untuk mentransfer lebih dari satu embrio ke rahim dalam satu siklus, biaya transfer embrio ganda akan lebih tinggi daripada transfer embrio tunggal. 

  • Biaya Keberhasilan dan Kegagalan 

Perlu diingat bahwa keberhasilan program bayi tabung tidak selalu terjamin, dan kamu mungkin perlu menjalani beberapa siklus IVF sebelum mencapai kehamilan yang berhasil. Setiap siklus IVF memiliki biaya tersendiri, jadi pertimbangkan dengan matang mengenai hal ini supaya uang dai jenis-jenis tabungan yang kamu keluarkan tak sia-sia. 

  • Biaya Kehamilan Kembar

Selain biaya program bayi tabung, kamu juga harus mempertimbangkan biaya tambahan yang akan mengikis tabunganmu terkait dengan kehamilan kembar, seperti perawatan medis yang lebih intensif dan kemungkinan persalinan prematur. 

Tips Mengelola keuangan untuk Siapkan Program Bayi Kembar

Untuk mempersiapkan program bayi kembar kamu harus mengelola keuangan dengan baik. Ada beberapa cara atau tips yang bisa jadikan acuan dalam rangka mempersiapkan program bayi kembar, diantaranya adalah:

  • Buat anggaran yang rinci 

Sebagai langkah awal, kamu harus membuat anggaran yang mencakup semua aspek biaya yang perlu dipertimbangkan. Baik sebelum dan juga setelah kelahiran bayi kembar.

  • Menyiapkan tabungan khusus

Karena kamu berencana untuk program bayi kembar, maka ada baiknya jika kamu menyediakan tabungan khusus untuk program tersebut. Kamu bisa memilih jenis-jenis tabungan yang sesuai dengan penghasilanmu. 

  • Menambah penghasilan

Meskipun kamu memiliki tabungan, namun tak ada salahnya jika tetap fleksibel. Kamu bisa menambah penghasilan dengan cara mencari sumber dana yang lain. Misalnya dengan bekerja paruh waktu atau membuka bisnis.

Sejatinya, dalam menghadapi tantangan finansial yang mungkin timbul selama program bayi kembar, penting bagi kamu untuk merencanakannya dengan baik. Kamu dan pasangan harus berbicara terbuka tentang kebutuhan dan prioritas. Serta mencari sumber daya serta dukungan yang ada. 

Gunakan Tabungan Online, Solusi untuk Program Bayi Kembar

Untuk memudahkanmu dan pasangan memiliki tabungan untuk program bayi kembar, kamu bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini merupakan platform online yang menyediakan jenis-jenis tabungan secara digital. Kamu bebas untuk memilih mau tabungan seperti apa yang kiranya cocok untuk program bayi tabung.

Selain itu, membuka tabungan online melalui Aplikasi digibank by DBS ini juga sangat mudah. Kamu tak harus pergi ke bank, antre panjang dan mengisi dokumen yang berlembar-lembar. Keunggulan lain yang cukup menarik adalah:

  • Buka Rekening proses 100% digital
  • Verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP & Selfie 
  • Tabungan bunga tinggi s.d. 7% (S&K Berlaku) per tahun di 20 dompet 
  • Semua transaksi harian dalam 1 aplikasi

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa menikmati kemudahan dalam setiap transaksi. Selain itu kamu juga tak perlu khawatir dalam memanfaatkan aplikasi ini sebab digibank by DBS merupakan aplikasi yang sudah terjamin keamanannya dan berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk informasi lebih lengkap mengenai tabungan online melalui digibank by DBS, silahkan kamu cek langsung di sini.

Tags:

You might also like these recipes

Tinggalkan komentar